Powered By Blogger

Senin, 31 Januari 2011

Tips membuat e-book online

Untuk membuat E-book Secara Online kita bisa mengunakan beberapa software gratis dan salah satunya adalah free freepdfconvert. Dengan software ini kita bisa membuat File PDF secara online.

Kalau tertarik ingin membuat e-book dengan software ini, silakan ikuti panduannya.
1. Klik disini untuk menuju website feepdfconvert dan kita akan berada di halam utama dari website ini.

Source file : Tempat kita meletakan alamat file yang akan kita convert ke file pdf
E-mail address :


Catatan :
Pertama : Jika  ingin hasil convert langsung bisa kita lihat maka biarkan saja kotak emailnya kosong, tidak usah di isi

Kedua : Jika menginginkan hasil convert nya dikirim masuk ke e-mail kita maka silahkan isi email adressnya dengan alamat email kita 


Cara Pertama:

free pdf

1. Lihat gambar di atas. Klik Browse pada Source file (Panah Merah).

2. Silakan cari dan pilih file yang akan di convert. File bisa berbentuk Microsoft Office, Open Office, graphic images, vector graphic atau lainnya. Setelah ketemu file yang akan di convert, klik Open
free pdf 2
3. Maka hasil nya akan seperti dibawah ini. Source file sudah terisi dengan file yang tadi kita pilih. Selanjutnya klik Convert (panah biru)
free pdf 3
4. Prose convert sedang berlangsung dan tunggu beberapa saat. Lamanya convert tergantung ukuran file yang kita convert. 
ScreenHunter_08 Dec. 29 07.10
5. Kalau proses convert selesai maka akan terlihat gambar di bawah ini. Untuk mendownload hasil convert nya, klik tulisan "Click Here To Download Files" (panah merah). Kalau download sudah selesai, kita bisa hapus hasil download nya dari server dengan mengklik Delete files from server (panah biru).
free pdf 4


6. Hasil dari download akan berbentuk Zip.file. Selanjutnya Klik Ok.




free pdf 5


7. Siap untuk di extract dengan meng klik Extrack (panah merah)


free pdf 6


8. Pilih tempat untuk menyimpan file extract (lingkaran merah) dan klik Extract (panah merah)

free pdf 7


9. Dan ini lah hasil kerja kalian....hore saya punya e-book sekarang.


ScreenHunter_13 Dec. 29 07.30


10. Cara pertama selesai



CARA KEDUA :

1. Klik disini untuk menuju websitenya freepdfconvert dan kalian akan melihat halaman utama dari website itu. Pada Source file, klik Browse untuk mencari file yang akan di conversi ke file PDF.

ScreenHunter_05 Dec. 29 06.43


2. Setelah file yang di cari ketemu, klik open.



free pdf 2


3. Maka terlihat file yang akan di conversi pada Source filenya. Sekarang isi e-mail untuk menerima hasil convert nya. Hasil convert ke file PDF akan di kirim ke e-mail yang kita tuliskan. Jangan lupa beri centang di Attach files to e-mail

email


4. Saat kalian beri centang pada Attach files to e-mail, akan keluar bacaan seperti  kotak lingkaran merah. Maksudnya adalah kalau filenya besar jangan gunakan email untuk menerima hasil konversi karena beberapa e-mail server tidak menerima email dengan attachment yang besar. Tapi kalau YAHOO dan GOOGLE insya Alloh bisa. Klik OK.

warning


5. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini dan siap mengkonversi. Klik CONVERT.

ScreenHunter_03 Dec. 30 06.35


6. Tunggu beberapa saat karena proses sedang berlangsung. Setelah itu akan muncul bacaan di bawah ini. Lihat lingkaran merah " Karena tadi sudah masukin e-mail di awal (step 4), maka kita bisa menutup website nya dan melihat hasilnya convert nya di e-mail kita".

convert ke email


7. Lamanya convert tergantung ukuran file yang kita convert. Sekarang buka e-mail dan hasil dari convert itu akan berbentuk seperti dibawah ini. Untuk mendownloadnya, klik pada link yang diberikan (tanda panah merah)
convert ke email 2


8. Dan ini lah hasilnya. Setelah dari disini proses nya pasti tahu kan atau lihat pada Step ke 6-9 di Cara pertama membuat e-book secara online. Stepnya sama saja.

convert ke email 3


Semoga tips dan triks cara membuat file PDF ini bermanfaat, selain menggunakan media online saya masih mempunyai alternatif lagi untuk membuat file PDF secara gratis yaitu menggunakan software khusus pembuat PDF. Silahkan hubungi saya jika berminat mendapatkan softwarenya. Bisa dari format MS word ke PDF dan sebaliknya dari PDF ke MS Word semua ada softwarenya.

Setelah kita kupas cara-cara membuat e-book atau PDF file maka saatnya kita juga mengetahui bagaimana cara membuat Cover / Tampilan  sebuah file PDF atau e-book. Silahkan ikuti caranya berikut ini,
Untuk dulur iman pecinta blogger yang ingin membuat cover e-book dengan cepat dan lumayan cantik, bisa menggunakan layanan gratis dari ezinefire.com

Untuk membuat cover e - book seperti gambar di atas, kita hanya membutuhkan 3 langkah:
  1. Pick a template
  2. Pick a font picture, and
  3. Pick a side graphic
Layanan pembuatan cover e - book secara online ini bisa menjadi alternatif bagi dulur semua yang tidak bisa membuatnya secara offline dengan photoshop, misalnya. Kalau tertarik untuk buat silakan klik disini.
Nah saya kira cukup dulu perkenalan kita semoga bermanfaat. Saya menunggu tanggapan dari dulur semua mengenai apa saja materi yang sekiranya bisa kita bahas bersama agar pengetahuan kita tentang tehnologi bisa kita barokahkan untuk kelancaran QHJ sampai pol pati. Apakah mengenai mempercantik blog, cari maisyah online, dll.

Alhamdulillah saya juga sedang membuat Blog khusus untuk amar ma'ruf dan sedang saya kerjakan (dalam proses). Untuk masukan kritik dan saran saya ucapkan Alhamdulillahi jazaa kumullohu khoiron semoga Alloh ridho, paring aslb tuk kita semua, amiin.

 


Tidak ada komentar: